Toyota Avanza Veloz 1.3 A/T Review

Seri Avanza mengeluarkan sub yang diberi nama Veloz, salah satunya adalah Toyota Avanza Veloz 1.3 A/T. Mobil ini masuk ke dalam segmen low MPV karena fiturnya yang standar, namun dinilai lebih baik daripada Avanza terendah yakni tipe E. Sesudah mengalami penyegaran, tampilannya mitip dengan tipe 1.5 hanya saja tipe 1.3 ini lebih rendah dari beberapa aspek.

Spesifikasi Toyota Avanza Veloz 1.3 A/T

Tipe mesin yang digunakan oleh mobil ini adalah 1NR-FE dengan 44 silinder berkatup 16. Tenaga yang disemburkan adalah 96 HP dengan kapasitas silinder sebesar 1300 cc. Torsi maksimumnya adalah 117 Nm. Untuk versi transmisi automatis, ada 4 level kecepatan yang tersedia. Rem yang dgunakan berupa ABS dan di kap mesin dilengkapi dengan peredam agar tidak bising.

Interior dan Exterior Toyota Avanza Veloz 1.3 A/T

  1. Eksterior

Nampak depan dari mobil ini memiliki desain yang berbeda ketimbang Toyota Avanza lainnya. Grille bagian depan berukuran minimalis dengan warna yang glossy. Meski tidak ada aksen warna tammbahan, bentuk grille mirip seperti sebuah panah. Di bagian atas grille ada sebuah garnish krom yang menghubungkan dua buah lampu utama. Tengahnya ada emblem ciri khas Toyota.

Lampu utama pada mobil ini memiliki bentuk seperti trapesium. Bagian depan lapunya melancip sementara di belakangnya mencekung seperti setengah lingkaran. Lampu utama masih menggunakan halogen multireflektor dengan sein halogen di sampingnya. Sementara di bagian bawah lampu utama ada fog lamp dengan bentuk yang bulat dicover krom di sisinya.

Dari bagian samping, mobil memiliki emblem dual VVT-i. Spionnya sudah dilengkapi dengan sein berteknologi LED. Di bagian velg, Toyota memberikan single tone alias satu warna yakni silver dengan motif seperti baling-baling. Ban yang digunakan berupa Bridgestone 185/65 R15. Bagian pintu bawah ada bodi molding yang warnanya sama dengan list jendela.

Bagian belakang mobil memiliki lampu stop dan lampu sein halogen. Letaknya berada pada bodi mobil dan vertikal dengan ukuran yang cukup besar. Di tengah mobil ada sebuah garnish krom berwarna hotam yang membuatnya terlihat manis. Di bagian bawah ada dua buah sensor parkir terdiri dari dua titik dan juga dua reflektor berwarna merah yang berbentuk bulat.

  1. Interior

Bagian dashboard, bahan yang digunakan adalah plastik keras. Berbeda dengan bagian stir yang terbuat dari bahan karet. Di palang stir tidak terdapat tombol untuk pengaturan audio maupun MID di belakangnya. Nuansa dashboard adalah dominasi hitam, berbeda dengan bagian trim pintu yang terdiri dari campuran hitam, silver dan krom pada handle pintunya.

Head unit pada mobil tersedia berbagai macam sistem audio namun tidak memiliki layar touch screen. Beberapa diantaranya meliputi AUX, USB, CD, bluetooth dan radio. Bagian tengahnya ada tombol volume yang cukup besar. Bagian atas head unit ada dua buah kisi AC berwarna hitam polos, sementara bawahnya ada dua buah pengaturan AC seperti suhu dan juga arah angin.

Veloz yang satu ini mampu menampung hingga 7 orang penumpang. Seat terdiri dari 3 baris yang dibalut dengan fabric berwarna hitam. Masing-masing kursi memiliki headrest yang bisa diatur ketinggiannya dan juga dilengkapi dengan seatbelt 3 titik.  Ruang kaki seat kedua cukup lega, sementara bagian belakang cocok untuk penumpang anak-anak.

Belakang seat ketiga merupakan bagasi. Meski sudah silengkapi dengan kargo net, kapasitas ruang bagasi cukup sempit jika tidak melipat seat ketiga. Seat ketiga bisa dilipat dengan moda ke atas sehingga penyimpanan barang di abagasi bisa maksimal.

Harga Toyota Avanza Veloz 1.3 A/T

Veloz dengan transmisi otomatis ini dibanderol dengan harga Rp 227.450.000 sebagai harga on the road. Untuk sebuah MPV, Toyota meyakini bahwa mobil ini bisa menjadi mobil keluarga sekaligus untuk mobilitas sehari-hari. Kursi yang nyaman dan fitur yang lumayan lengkap menjadi andalan Veloz untuk bersaing di segmennya.

Meski begitu, ada beberapa kekurangan Veloz seperti ruang kaki yang dnilai cukup sempit bahkan untuk penumpang depannya. Mobil Toyota Avanza Veloz 1.3 A/T juga tidak memiliki cruise control, spion elektrik dan juga head lamp otomatis. Namun secara keseluruhan, Veloz termasuk murah dengan ftur lainnya yang di atas standar. Bila anda berada di Yogyakarta, anda bisa mendapatkan dengan mudah sewa Toyota Avanza dari berbagai jasa rental mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *